-->

Studi menunjukkan berapa banyak serat yang harus kita makan untuk mencegah penyakit


Para peneliti dan organisasi kesehatan masyarakat telah lama memuji manfaat dari makan serat, tetapi berapa banyak serat yang harus kita konsumsi, tepatnya?

Pertanyaan ini telah mendorong Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan studi baru. Hasilnya muncul dalam jurnal The Lancet.

Penelitian baru ini bertujuan untuk membantu mengembangkan pedoman baru untuk konsumsi serat makanan, serta mengungkapkan karbohidrat mana yang paling melindungi terhadap penyakit tidak menular dan dapat mencegah kenaikan berat badan.

Penyakit tidak menular juga disebut penyakit kronis. Mereka biasanya bertahan untuk waktu yang lama dan berkembang perlahan. Menurut WHO, ada "empat jenis utama penyakit tidak menular:" penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit pernapasan kronis, dan diabetes.

Profesor Jim Mann, dari University of Otago, di Selandia Baru, adalah penulis penelitian yang sesuai, dan Andrew Reynolds, seorang peneliti pascadoktoral di Sekolah Kedokteran Dunedin, Otago, adalah penulis pertama makalah ini.

Prof. Mann menjelaskan motivasi untuk penelitian ini, dengan mengatakan, "Ulasan sebelumnya dan meta-analisis biasanya memeriksa satu indikator kualitas karbohidrat dan sejumlah penyakit, sehingga tidak mungkin untuk menentukan makanan mana yang direkomendasikan untuk melindungi dari berbagai kondisi. "

Untuk mengetahuinya, para peneliti melakukan meta-analisis studi observasional dan uji klinis.


Asupan harian 25–29 gram serat sangat ideal
Reynolds dan rekannya memeriksa data yang termasuk dalam 185 studi observasional - berjumlah 135 juta orang-tahun - dan 58 uji klinis yang merekrut lebih dari 4.600 orang secara total. Studi yang dianalisis berlangsung selama hampir 40 tahun.

Para ilmuwan menyelidiki kejadian penyakit kronis tertentu, serta tingkat kematian dini akibat penyakit tersebut.

Kondisi-kondisi ini adalah: penyakit jantung koroner, penyakit kardiovaskular, stroke, diabetes tipe 2, kanker usus besar, dan berbagai kanker yang berhubungan dengan obesitas, seperti kanker payudara, kanker endometrium, kanker kerongkongan, dan kanker prostat.

Makan serat bisa menunda penuaan otak
Makan serat bisa menunda penuaan otak
Makan serat juga bisa membuat otak Anda tetap muda.
BACA SEKARANG
Secara keseluruhan, penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi serat paling banyak dalam makanannya 15-30 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal sebelum waktunya karena sebab apa pun atau kondisi kardiovaskular, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi serat paling sedikit.

Mengkonsumsi makanan yang kaya serat berkorelasi dengan insiden penyakit jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2 16% lebih rendah, dan kanker usus besar.

Makanan kaya serat termasuk biji-bijian, sayuran, buah, dan kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang, lentil, dan buncis.


Analisis juga mengungkapkan bahwa jumlah serat yang harus dikonsumsi orang setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini adalah 25-29 gram (g). Sebagai perbandingan, orang dewasa di Amerika Serikat rata-rata mengonsumsi 15 g serat setiap hari.

Para penulis juga menyarankan bahwa mengonsumsi lebih dari 29 g serat per hari dapat menghasilkan lebih banyak manfaat kesehatan.

Namun, mereka memperingatkan bahwa, sementara penelitian itu sendiri tidak menemukan efek kesehatan yang merugikan dari mengkonsumsi serat, makan terlalu banyak dapat merusak orang yang kekurangan zat besi atau mineral.

Mengkonsumsi biji-bijian utuh dalam jumlah besar dapat semakin menguras tubuh dari besi, jelas para peneliti.

Akhirnya, uji klinis yang termasuk dalam penelitian ini juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi lebih banyak serat berkorelasi kuat dengan berat badan yang lebih rendah dan kadar kolesterol yang lebih rendah.


Mengapa serat sangat baik untuk Anda
Prof. Mann mengomentari pentingnya temuan tersebut, dengan mengatakan, "Manfaat kesehatan dari serat didukung oleh lebih dari 100 tahun penelitian tentang kimia, sifat fisik, fisiologi, dan efeknya pada metabolisme."

"Makanan utuh kaya serat yang membutuhkan kunyah dan mempertahankan sebagian besar strukturnya dalam usus meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengontrol berat badan dan secara positif dapat memengaruhi kadar lemak dan glukosa," tambahnya.

"Hancurnya serat di usus besar oleh bakteri penduduk memiliki efek luas termasuk perlindungan dari kanker kolorektal."
Well done! you have successfully gained access to Decrypted Link.
Choosing a suitable pricing method comes down to you. There's no single strategy specific to your business nor best strategy amongst them all. If dealing in unique or less competitive products or services, a cost plus and mark-up pricing strategies can be considered while someone dealing in competitive

products ought to use competitive pricing. They should however consider their costs thereb finding ways to reduce costs by looking for cheaper products, cheaper rent or choosing to sacrifice by ensuring a higher quantity is sold at a cheaper price earning a smaller profit per unit compared to competitors.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel